Skip to main content

Pendidikan profesi guru - PPG

Saat ini bukan cuma dokter aja yang ada pendidikan profesi. Guru pun begitu.
Lalu apakah dengan kuliah di jurusan pendidikan bisa dengan otomatis pekerjaan seorang guru menjadi profesi guru? 
Jawabannya tidak semudah itu. 

Untuk menjadikan pekerjaan guru menjadi profesi guru kamu diharuskan belajar lagi selama kurang lebih 1 tahun. 
Muncul pertanyaan lagi, bukannya kalo kuliah di pendidikan akan dapat akta 4 yg brrti dia bisa mengajar atau menjadi guru? 
Iya benar sekali, kalo di ibarat kan akta 4 tu kayak surat ijin tapi blm bisa di sebut pro. Kayak ibarat atlet tu masih junior, untuk menjadi pro dan diakui kita harus berusaha lbh baik dan melalui beberapa tahapan.

Tarik nafas yg dalam ... 

Nah untuk menjadi lbh pro, guru wajib ikut tu yg namanya ppg (pendidikan profesi guru).
Kalo udah ikut ppg baru dah tu kalian yg kuliah di bidang pendidikan bisa di akui sebagai pengajar profesional. 
Jadi jangan berfikir gampang menjadi guru. 

Ditahun 2011 ppg sdh banyak trdengar dimana-mana. Orang awam pun sdh mulai tau pentingnya ppg. Dan mungkin kedepannya mahasiswa yg baru lulus kuliah diharuskan mengikuti serangkaian kegiatan ppg sblm  mengajar disekolah. Bisa jadi di wajibkan punya sertifikat ppg baru boleh ngajar. Maybe

Yah kita liat aja lah kemajuan bidang pendidikan di indonesia dalam rangka memperbaiki sdmnya.. 

So buat yg mau bener-bener jd pendidik, teguhkan pendirian dan semangat belajar yah

Comments

Popular posts from this blog

STEP 1 MEMBUAT POLA KECIL

Sebelum kita membuat pola, pertama-tama kita harus tau apa saja yang dibutuhkan untuk membuat pola. 1.   BUKU PANDUAN/E-BOOK/HANDOUT UNTUK MEMBUAT POLA DASAR Ini hal utama yang penting untuk dipersiapkan, karena biasanya di buku panduan banyak terdapat contoh alat dan bahan yang digunakan untuk membuat pola dan menjahit 2.   KERTAS HVS/A4/BUKU POLA UNTUK POLA KECIL Kertas ini gunanya sebagai bidang untuk membuat pola dasar dan pecah pola atau bisa dibilang sebagai pengganti koran apabila kita membuat pola dasar yang sebenarnya. Kalau temen-temen gak pengen pola kecilnya nanti tercerai berai, saya saranin buat cari BUKU POLA (setiap sisinya berbeda, sisi yang satu polos seperti hvs dan sisi yang satunya lagi seperti kertas folio) sangat cocok untuk membuat pola dasar kecil. 3.   PENSIL DAN PENGHAPUS Alat tulis yang ini sangat penting bagi pemula. karena apa? Karena tidak ada yang sempurna, hehe. Ya, kebanyakan diawal belajar kita membuat sedikit/banyak kesalahan. S

STEP 2 MEMBUAT POLA KECIL (Pola dasar Badan Anak)

Temen-temen sudah menyiapkan alat dan bahan. Sekarang saat nya membuka buku panduan membuat pola dasar yang temen-temen punya. saya kasih contoh 1 jenis pola dasar yang sudah saya ringkas. semoga membantu temen-temen. nama polanya kita kasih unknown aja ya hehe... pola yang mau saya buat adalah POLA DASAR BADAN ANAK . Kenapa saya pilih pola anak dulu yang saya tampilkan? alasannya adalah menurut pengalaman belajar saya selama ini, membuat pola dasar badan wanita itu jauh lebih sulit di banding membuat pola dasar badan anak. Pola badan anak lebih ringkas dan mudah pastinya.    Langsung aja ya…..  

TANYA JAWAB TENTANG POLA DASAR DAN PECAH POLA (CARA MEMAHAMI PECAH POLA)

Hai hai hai… lama nggak ngepost. Hari ini saya akan membahas namanya pecah pola… Ibu guru ehm… tidak akan membuat penjelasan kayak dibuku-buku yang Cuma kasi gambar keterangan terus pembaca bingung.. hehe Memang buku tetap perlu pendamping yaa.. untuk itu saya ada di sini ciat ciat! Sebelum saya kasih penjelasan soal pecah pola, temen-temen bisa baca Q and A di bawah ini biar belajarnya gak tambah bingung yaa.. Q . Kenapa sih pola dasar itu harus di pecah pola lagi? A . kalau pola dasar gak dipecah pola gimana kalian bisa bikin baju sesuai model yang kalian inginkan Q . Kan bisa langsung pas buat pola dasar? Sekalian gitu? A. kalau buat pecah polanya di tumpuk sama pola dasar itu bisa jika pecah pola atau model baju tidak rumit Q . model baju yang rumit itu gimana? A . model baju rumit itu salah satu contoh sederhana bagian kerah menggunakan kerah river dan bagian pinggang ke bawah menggunakan pola ½ lingkaran. Q . pecah pola pakai rumus juga gak? A .

comfort place