Skip to main content

STEP 1 MEMBUAT POLA KECIL

Sebelum kita membuat pola, pertama-tama kita harus tau apa saja yang dibutuhkan untuk membuat pola.

1. BUKU PANDUAN/E-BOOK/HANDOUT UNTUK MEMBUAT POLA DASAR
Ini hal utama yang penting untuk dipersiapkan, karena biasanya di buku panduan banyak terdapat contoh alat dan bahan yang digunakan untuk membuat pola dan menjahit

2. KERTAS HVS/A4/BUKU POLA UNTUK POLA KECIL
Kertas ini gunanya sebagai bidang untuk membuat pola dasar dan pecah pola atau bisa dibilang sebagai pengganti koran apabila kita membuat pola dasar yang sebenarnya.
Kalau temen-temen gak pengen pola kecilnya nanti tercerai berai, saya saranin buat cari BUKU POLA (setiap sisinya berbeda, sisi yang satu polos seperti hvs dan sisi yang satunya lagi seperti kertas folio) sangat cocok untuk membuat pola dasar kecil.

3. PENSIL DAN PENGHAPUS
Alat tulis yang ini sangat penting bagi pemula. karena apa? Karena tidak ada yang sempurna, hehe. Ya, kebanyakan diawal belajar kita membuat sedikit/banyak kesalahan. Sama halnya membuat pola, sudah membaca petunjuk dengan benar tetap saja masih ada yang salah.

4. BOLPOIN MERAH,BIRU, HIJAU, DAN HITAM
Alat tulis yang satu ini digunakan untuk mamperjelas garis-garis pada pola sesuai keterangan-keterangan yang telah ditentukan dalam membuat pola. Cukup sulit mengingat garis-garis apa yang harus digunakan, tetapi jika teman-teman mau membiasakan diri mengaplikasikan garis tanda sesuai tempatnya pastilah lama kelamaan akan lebih mudah.

5. KERTAS DOSLAK MERAH, BIRU, DAN HIJAU
Jenis kertasnya apabila dilihat dari ketebalannya hampir sama dengan kertas karbon, teksturnya seperti kertas pembungkus nasi, dan ukurannya bervariasi ada yang sudah di potong seperti ukuran hvs dan ada yang ukuran lebarnya sepeti kertas karton. Ada beberapa warna yang sering saya lihat warnanya merah muda, biru muda, dan hijau muda.

6PENGGARIS POLA
Penggaris yang digunakan untuk membuat pola ini ukurannya jelas lebih kecil dibanding penggaris pola untuk ukuran badan besar. Kalau kita tetap menggunakan penggaris pola ukuran besar pastilah akan kesulitan karena melihat bidang kertas yang kita gunakan hanya hvs/A4. Jadi, temen-temen bisa membeli penggaris pola kecil di toko-toko alat jahit terdekat.
Nah biasanya kendala seorang pemula yang tempat tinggalnya masih minim menyediakan alat-alat jahit akan kesulitan ni.. “yang sabar ya temen-temen” oke jadi gunakanlah kekuatan online shop. Pasti ada!
kalau susah buat dapetinnya, temen-temen bisa cantumin comment, kali aja saya bisa membantu melengkapi perlengkapan jahit yang masih sulit untuk didapatkan.

7. PENGGARIS SKALA
Jika ada penggaris pola kecil pasti juga harus ada penggaris skala. Apasih penggaris skala? Cirinya penggaris skala yaitu ada 4 jenis sisi ukuran (skala ½, ¼, 1/6, dan 1/8). Bedanya dari ke empat jenis ukuran skala adalah ukuran skala ½ yang terbesar sampai skala 1/8 yang terkecil. Skala ini sama seperti zoom yang ada di computer atau laptop, kita bisa besarkan dan kecilkan pola badan yang akan kita buat. Kalau pengen besar banget ya pakai pita ukur aja y… hehe. 
Jadi gunanya penggaris ini yaitu untuk menyesuaikan ukuran pola dengan ukuran/bidang kertas yang kita miliki. Namanya juga pola kecil.
Kalau kalian juga kesulitan cari skala dan masih belum jelas tentang cara penggunaannya, bisa comment dan saya akan membuat story of rule schal.

8. Kertas coklat
Kertas coklat ini kertas yang biasa kita pakai untuk membungkus kado atau sampul buku. Untuk apakah kertas ini?
Pada saat membuat pola ukuran kecil kertas coklat ini digunakan sebagai pengganti kain. Kalau temen-temen terbiasa mengerjakan tugas membuat pola dalam bentuk pola kecil, lama kelamaan temen-temen bisa langsung berfikir abstrak pada saat memotong kain tanpa harus membuat catatan-catatan tertentu.
Karena terbiasa menata pola kecil di kertas coklat(pengganti kain) temen-temen jadi terbiasa menata pola pada kain yang akan dipotong. Tanpa harus membuat contoh di kertas coklat lagi.

9. Lem
Lem cair merek apa aja gak masalah. Yang penting bisa membantu menempelkan jiplakan pola pada kertas doslak ke kertas coklat.

10. Gunting
Untuk memotong kertas yang sudah digambari bentuk pola badan.
Saran à jangan lupa ya temen-temen mulai dari awal gunting untuk kertas hanyalah untuk kertas. Itu demi menghemat pengeluaran membeli gunting. Nantinya akan banyak macam gunting yang kalian beli. So save your money and keep stay tune on my blog.   

CUAP-CUAP
Beginilah kalau masi pemula ya, padahal kalau ingin membuat pola besar perlengkapannya tidak terlalu banyak dannnnn bisa langsung memotong kain dannnnn bisa jadi baju hanya dalam waktu setengah hari. Tapi yang namanya belajar di awal usaha keras itu perlu lama kelamaan kita akan menuai hasilnya.

Cerita dikit boleh ya, jadi saya dulu waktu jaman kuliah disemester awal selalu merasa kesulitan untuk membuat pecah pola. Entah kenapa untuk membuat kerangka pola seperti desain yang diinginkan itu membingungkan sekali. Saya bahkan gak tau tujuan membuat pola kecil dengan memotong-motong garis di tengah dada, sisi lengan itu sebanarnya untuk apa. Tapi setelah saya  ke step selanjutnya yaitu belajar membuat pecah pola ukuran besar(sebenarnya), pola-pola kecil yang ada didokumen saya ternyata sangatlah berharga. Hehe. Begitu sampai di kos-kosan saya ubek-ubek lemari saya dan mulai belajar dari pola-pola kecil. sampai pada akhirnya saya menemukan celah “oh ternyata begini,oh ternyata begitu”.
Jadi temen-temen jangan pernah melewatkan hal-hal kecil. Sekalipun itu membuang-buang waktu kalian, nantinya pasti akan berguna!


Ditunggu komennya ya teman-teman….. 

Comments

Popular posts from this blog

STEP 2 MEMBUAT POLA KECIL (Pola dasar Badan Anak)

Temen-temen sudah menyiapkan alat dan bahan. Sekarang saat nya membuka buku panduan membuat pola dasar yang temen-temen punya. saya kasih contoh 1 jenis pola dasar yang sudah saya ringkas. semoga membantu temen-temen. nama polanya kita kasih unknown aja ya hehe... pola yang mau saya buat adalah POLA DASAR BADAN ANAK . Kenapa saya pilih pola anak dulu yang saya tampilkan? alasannya adalah menurut pengalaman belajar saya selama ini, membuat pola dasar badan wanita itu jauh lebih sulit di banding membuat pola dasar badan anak. Pola badan anak lebih ringkas dan mudah pastinya.    Langsung aja ya…..  

TANYA JAWAB TENTANG POLA DASAR DAN PECAH POLA (CARA MEMAHAMI PECAH POLA)

Hai hai hai… lama nggak ngepost. Hari ini saya akan membahas namanya pecah pola… Ibu guru ehm… tidak akan membuat penjelasan kayak dibuku-buku yang Cuma kasi gambar keterangan terus pembaca bingung.. hehe Memang buku tetap perlu pendamping yaa.. untuk itu saya ada di sini ciat ciat! Sebelum saya kasih penjelasan soal pecah pola, temen-temen bisa baca Q and A di bawah ini biar belajarnya gak tambah bingung yaa.. Q . Kenapa sih pola dasar itu harus di pecah pola lagi? A . kalau pola dasar gak dipecah pola gimana kalian bisa bikin baju sesuai model yang kalian inginkan Q . Kan bisa langsung pas buat pola dasar? Sekalian gitu? A. kalau buat pecah polanya di tumpuk sama pola dasar itu bisa jika pecah pola atau model baju tidak rumit Q . model baju yang rumit itu gimana? A . model baju rumit itu salah satu contoh sederhana bagian kerah menggunakan kerah river dan bagian pinggang ke bawah menggunakan pola ½ lingkaran. Q . pecah pola pakai rumus juga gak? A .

comfort place